Selasa, 30 September 2014

Makalah Sumber Energi Allternatif

 







BERBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF
MAKALAH
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Konsep Dasar IPA 3
Dosen Pengampu        : Dra. Sri Hartati, M.Pd.

Disusun Oleh :
Claudia Kartikasari                       1401512019
Fero Yarangga                              1401512029
Leja Sophia Kandai                      1401512031
Nur Hasma                                    1401512034

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2013
Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan tugas makalah ini yang berjudul Berbagai Sumber Energi Alternatif sesuai waktu yang ditentukan.
Penyusunan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas pembelajaran perkuliahan semester tiga pada mata kuliah Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Alam 3. Hasil yang ingin dicapai agar dapat mengetahui serta memahami bagaimana pemanfaatan energi alternatif bagi kehidupan manusia.
Kami menyadari dalam penyusunan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan yang mungkin di luar dari pengetahuan kami. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun dari Dosen Pengampu dan teman – teman sangat kami harapkan, sebagai pelajaran bagi kami untuk kedepannya bisa lebih baik.



                                                                             Semarang, 21 November 2013

                                                                                                                        Penyusun




BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang

Energi adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan manusia. Energi digunakan dalam berbagai macam hal guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pertumbuhan penduduk dunia tiap tahunnya berkembang pesat. Di Indonesia, saat ini jumlah penduduknya ialah lebih dari 250 juta jiwa. Setiap penduduk dunia tentu melakukan aktifitas yang memanfaatkan berbagai sumber energi. Hukum kekekalan energi mengatakan bahwa energi tidak bisa dimusnahkan, namun bukan berarti dapat kita bersikap komsutif dalam pemanfaatan energi di bumi.
Minyak bumi, batu bara, gas alam, dan sebagainya merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui sedangkan persediaannya di alam mulai menipis. Para ahli geologis dan geofisika bahwa minyak bumi dan batu bara akan habis dalam kurun waktu 30-50 tahun kedepan. Di sisi lain, dalam kehidupan sehari-hari sumber daya alam ini sangat dominan dalam memenuhi kebutuhan manusia.
Mengacu pada permasalahan di atas, penghematan energi sangat diperlukan. Tidak hanya untuk kita tetapi juga untuk generasi masa depan. Jika kebutuhan akan energi sangat besar, penghematan energi tidaklah cukup. Semua lapisan masyarakat harus bersama-sama mencari solusi untuk mengatasinya.
Cara mengatasinya ialah dengan pencarian energi alternatif lainnya. Dengan adanya energi alternatif atau energi pengganti, kita dapat memanfaatkan sumber daya alam yang dapat terus diperbaharui guna pemenuhan kebutuhan energi sehari-hari.
Di dalam makalah ini akan diuraikan mengenai berbagai sumber energi alternatif, pemanfaatan, kelebihan serta kekurangannya.

1.2              Rumusan Masalah

1.      Apa yang dimaksud energi alternatif?
2.      Apa saja yang termasuk sumber energi alternatif?
3.      Bagaimana pemanfaatan sumber energi alternatif?
4.      Apa kelebihan dan kekurangan dari energi alternatif?


1.3              Tujuan

1.      Mengetahui sumber-sumber energi alternatif
2.      Memahami pemanfaatan sumber energi alternatif
3.      Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari energi alternatif











BAB II
PEMBAHASAN

2.1       Pengertian Energi Alternatif
Energi ialah kemampuan untuk melakukan kerja atau suatu kegiatan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, energi didefinisikan sebagai daya atau kekuatan yang diperlukan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.
Energi alternatif adalah istilah yang merujuk kepada semua energi yang dapat digunakan yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut. Umumnya, istilah ini digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang mengakibatkan kerusakan lingkungan akibat emisi karbondioksida yang tinggi, yang berkontribusi besar terhadap pemanasan global berdasarkan Intergovernment Panel on Climate Change. Selama beberapa tahun, apa yang sebenarnya dimaksud sebagai energi alternatif telah berubah akibat banyaknya pilihan energi yang bisa dipilih yang tujuan yang berbeda dalam penggunaannya.
Istilah "alternatif" merujuk kepada suatu teknologi  selain teknologi yang digunakan pada bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi. Teknologi alternatif yang digunakan untuk menghasilkan energi dengan mengatasi masalah dan tidak menghasilkan masalah seperti penggunaan bahan bakar fosil.
Oxford Dictionary mendefinisikan energi alternatif sebagai energi yang digunakan bertujuan untuk menghentikan penggunaan sumber daya alam atau perusakan lingkungan.



2.2       Berbagai Sumber Energi Alternatif
1.   Energi Surya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuOkYQs2V4LnV3h9yVx-T9dpaYiLCtcmiMtG9jfiPJsPb9guMLS3cLbK1ohwJ2MFbDL0CY__qsEg-5q2i3KW-AEgxTknPm_U1W4QZYZgu-FR74e-Bgxnw4kUsI_82nZcapiflCG0ZZoyc/s320/panel+surya+energi+matahari.jpg

Energi surya atau matahari adalah sumber energi paling kuat dan paling besar persediaanya. Sinar matahari dapat digunakan untuk pencahayaan, pembangkit listrik, pemanas air, dan berbagai proses industri. Matahari bisa digunakan untuk menghasilkan listrik dengan bantuan panel suryayang dapat mengolah energi panas matahari menjadi listrik. Tapi, energi listrik menjadi tergantung dengan keadaan cuaca.

2.   Energi Angin
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9LhXTVJn1GxBfJnk2sClfUO5fI7DUBmSEDVPmtxoZMMYBCm1ANdPQu84PlgP628QT3QalFQoTAps9ygjzBWwOCs4uFhUjfT1z7aXFk4GR36Lde1xeX0M68DN_FWDGlrRflZZCSdAiMLg/s320/energi-angin.jpg









Angin adalah gerakan udara yang terjadi ketika terdapat udara hangat dan udara dingin. Energi angin telah digunakan selama berabad-abad untuk kapal layar dan kincir angin untuk menggiling gandum. Saat ini, energi angin digunakan sebagai pembangkit listrik dengan turbin angin. Energi angin sangat tergantung dengan keadaan angin.

3.      Hydropower

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmb9e-FRfGPQUM64og4fM9gwX58EwEHFgvMkF0zUhnP9Asl2MwfWEklIl4w-RT2dgf-fiCS1YK3Lz9mH9j5QhAHV5ednSSQJ7EJwOSOdFAyxy7h-Cj0ECgUUs2opYlI64hOYNiKb7PrQo/s320/hydropower2_large.jpg

Air yang mengalir dari hulu ke hilir. Energi hydropower sangat bergantung dengan curah hujan. Seperti yang kita ketahui, panas matahari menyebabkan air di danau dan lautan menguap dan membentuk awan. Air kemudian jatuh kembali ke bumi sebagai hujan atau salju, dan mengalir ke sungai dan sungai yang mengalir kembali ke laut. Air yang mengalir ini dapat digunakan untuk memutar turbin yang mendorong proses mekanis untuk memutar generator yang dapat menghasilkan listrik. 








4.   Energi Biomassa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlGgp6PUHUCm8vELtT-IB_28sm56eLFRPg8AGIziO8XViIgHCHPNBH5m1K-BUpTWch2EDU2eSenkiBId6Uga625fyf57jjo7rA4hSLrcKaxWuQ8AcPBBtEYoM-tNi0pT5F4lQbsyXqxto/s320/biomassa.jpg

Kayu masih merupakan sumber yang paling umum dari energi biomassa, tetapi sumber-sumber lain dari energi biomassa meliputi tanaman pangan, rumput,, limbah pertanian dan kehutanan, residu, komponen organik dari limbah kota dan industri, bahkan gas metana dari tempat pembuangan sampah. Biomassa dapat digunakan untuk menghasilkan listrik, sebagai bahan bakar untuk transportasi dll. Namun, tentu biomassa akan menghasilkan energi listrik yang berbau tidak sedap.

5.   Energi Gas Hidrogen
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWSfmIDzD1QedXCoPZ4UQ1zWoWGOi8Iuzrc6wcehXEUOXB6yWNJJwoLBFSRqRYwAV_cqqvhQLvCsgGuEQruL_2ErHS1qCp6zBNLdBtektqL-FL_5EbC1HfcWCkSfAbHliiZQn0P0rWBE0/s320/hydrogen.jpg









Gas hidrogen memiliki potensi yang luar biasa sebagai sumber bahan bakar dan energi, tetapi teknologi yang dibutuhkan untuk mewujudkan potensi ini masih dalam tahap awal. Hidrogen adalah elemen paling umum di bumi. Air merupakan dua-pertiga bagian dari hidrogen, tapi hidrogen di alam selalu ditemukan dalam kombinasi dengan unsur lainnya. Setelah dipisahkan dari unsur-unsur lain, hidrogen dapat digunakan untuk menggerakkan kendaraan, menggantikan gas alam untuk pemanasan dan memasak, dan untuk menghasilkan listrik.  Hidrogen dapat dicampur dengan gas alam dan menciptakan bahan bakar untuk kendaraan. Hidrogen juga digunakan pada kendaraan yang menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Walaupun begitu, harga untuk penggunaan hidrogen masih relatif mahal.

6.   Energi Panas Bumi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJy2xP4Q0nz5QLwtL3BM-hg0tzv-D0YBVegmnmoKCDJ2XWJRdpBSUR7gUwpjjKM4CQN7lEWDi_QRUdggrDPU1Vu-NMvQr8XWrGAMAwOKBPxwouT12jzEiQmcPrbr9NmhjosAeXmR9kMbc/s320/pembangkit+listrik+tenaga+panas+bumi+2.jpg











Panas di dalam bumi menghasilkan uap dan air panas yang dapat digunakan untuk pembangkit listrik dan menghasilkan listrik atau untuk aplikasi lain, seperti pemanasan rumah dan pembangkit listrik untuk industri. Energi panas bumi dapat ditarik dari waduk bawah tanah dengan pengeboran, atau dari reservoir panas bumi yang terletak lebih dekat ke permukaan. Tapi, tentu saja ini memerlukan teknologi yang mahal.



7.   Energi Gelombang Air Laut
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-OtBfgevh0YdElmCuxfcO3vK_Rca_vk_a4FGerC2gDLLmqTyHRrky5Svt3dvvqZIR2U1wX2VynXfT4VqZHCHAdh9zNJ2jR5OPmQAY5yBoR8EmBOlSS7ZUAcqZcV-ZzkWFz5qqswHqVbw/s320/gelombanglaut.jpg







Lautan menyediakan beberapa bentuk energi terbarukan, dan masing-masing didorong oleh kekuatan yang berbeda. Energi dari gelombang laut dan pasang surut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik, dan energi termal laut dari panas yang tersimpan dalam air laut dapat juga diubah menjadi listrik. Meskipun pada masa sekarang, energi laut memerlukan teknologi yang mahal dibandingkan dengan sumber energi terbarukan lainnya, selain itu energi yang dihasilkan oleh gelombang air laut hanya bisa digunakan di sekitar daerah laut saja. Tapi laut tetap penting sebagai sumber energi potensial untuk masa depan.

8.   Energi Ethanol
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisrZbUoihNvSfchQglQd6exLNCwVgB2MW7-UlIkrVeGj2sFZUEZdoiZ7-WtjFGJA1PfGuHxnasEV91C6Ye7WQe1tqwIpSY3WMq32YTsCQIT_Vujzt_30aAWRaql1uUFoeLAYXdNnNRAps/s320/energy-brazil-sugarcane-ethanol.jpg













Merupakan bahan bakar yang berbasis alkohol dari fermentasi tanaman, seperti jagung dan gandum. Bahan bakar ini dapat dicampur dengan bensin untuk meningkatkan kadar oktan dan kualitas emisi. Namun, ethanol memiliki dampak negatif terhadap harga pangan dan ketersediaannya.

9.   Energi Gas Alam

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsHVfyqQteS4vazNSfXZuONEP6pqonC41TlPjYa32Hdxx8ZPNfM7xXU7dPmP28vwSTZkDVLCXV0bJjfI0bExIfd3Trw9AYVxCX-Niv_UKov8fSn1KwQFq1kHHBi4W2x3sbAGk6IngAE_I/s320/natural-gas.jpg

Gas alam sudah banyak digunakan di berbagai negara yang biasanya untuk bidang yang cukup besar seperti properti dan bisnis. Jika digunakan untuk kendaraan, polusi yang dikeluarkan akan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan minyak. Akan tetapi, efek rumah kaca yang dihasilkannya 21 kali lebih buruk, karena metana yang dihasilkan energi gas alam tersebut.

10. Energi Propana
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIWCZZMMy7VX5uVmUXc-Jv11wYizKoRmpbxngwQbE6DEG1rCm_EkoTqUVb6x5Zxe3HgAVJhfafjnTv1j2vuuRC_9jDB2Z7hRtKHeZDj1Bd9b-XMqU3RnT4mghsTgl50BvEEgSy645NO1g/s320/LP_gas.jpg









Propana atau yang biasa dikenal dengan LPG merupakan produk dari pengolahan gas alam dan minyak mentah. Sumber tenaga ini sudah banyak digunakan sebagai bahan bakar. Propana menghasilkan polusi lebih sedikit dibandingkan bensin, namun penciptaan metananya lebih buruk 21 kali lipat yang dapat menyebabkan meningkatnya efek rumah kaca.

11.    Energi Biodiesel
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEilHQmPQIU4oVEJx74CUX_D5iMBWwWyjOApNS48SE_Gzye2QJnrUcupoFE-eZ8pqdpk96aaF5oZY2HqV2J2kk731nIc0vF3JYb6vagL2yWY0ZufJTxozPXkomBtJVMp40yzMH_g0uHNxPc/s320/biodiesel.jpg

Biodiesel merupakan energi yang berasal dari tumbuhan atau lemak binatang. Biodesel yang murni atau campuran dapat digunakan sebagai energi untuk menggerakan kendaraan. Biodiesel mampu mengurangi polusi yang ada, akan tetapi terbatasnya produk dan infrastruktur menjadi masalah pada sumber energi ini.

12.    Energi Methanol
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg95DLqc79FmogOrs9EsZ71d4C501WA1hNy-ifdzy2yB1GnPRNcnwb1NaEdgtr2Q5WAW9zHNEKvt5JiCslCj_ei4151SxVZTACOQzxl65u2iXpMsNvMf_9PlbeCSYGnT9ZhM13HNpiO6Ss/s320/Methanol+Fuel.jpg










Methanol yang juga dikenal sebagai alkohol kayu dapat menjadi energi alternatif pada kendaraan. Methanol dapat menjadi energi alternatif yang penting di masa depan karena hidrogen yang dihasilkan dapat menjadi energi juga. Namun, sayangnya sekarang ini produsen kendaraan tidak lagi menggunakan methanol sebagai bahan bakar.

13.    P-Series

P-series merupakan gabungan dari ethanol, gas alam, dan metyhltetrahydrofuran (MeTHF). P-series sangat efektif dan efisien karena oktan yang terkandung cukup tinggi. Penggunaannya pun sangat mudah jika ingin dicampurkan tanpa ada proses dengan teknologi lain. Akan tetapi, hingga sekarang belum ada produsen kendaraan yang menciptakan kendaraan dengan bahan bakar fleksibel ini.

14.    Energi Piezoelektrik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh3EK4K4wUt_s1vQI31sdyHZpGVs2wA8QeyzIXXhdIgkZjATikel94aob_Ec5KRj-xgwYe1_G0XoaXFkmfSXacwM5gteEPQ-HSQgORkLb7l1TENjjjRCtYBnycdG6PakDMsb4O04Fd8Fg4/s320/piezoelectric.jpg
















Piezoelektrik merupakan sistem yang dapat mengubah gaya mekanik, khususnya gaya tekanan menjadi energi listrik. Piezoelektrik ini biasanya digunakan untuk menghasilkan listrik di tempat-tempat umum seperti contohnya stasiun kereta di Jepang dan Disco House di London. Jadi piezoelektrik ini mengunakan gaya tekanan yang dihasilkan oleh manusia itu sendiri yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di area tersebut. Namun sayangnya penggunaan energi piezoelektrik belum sepenuhnya diterapkan di dunia.

Energi dan Kehidupan15.    Biji Pohon Jarak









         Jatropha Curcas Linneaus atau lebih dikenal sebagai jarak pagar, pada masa pendudukan Jepang di negeri ini, pohon jarak adalah salah satu tanaman yang wajib di tanam di pekarangan rumah. Biji dari buah jarak, oleh pemerintah Jepang waktu itu, selanjutnya diolah menjadi bahan bakar pesawat tempur mereka, guna menghadapi perang Pasifik melawan Sekutu.

Energi dan Kehidupan
Saat ini, beberapa lembaga penelitian dan pengembangan baik LSM, swasta bahkan pemerintah, mulai melirik inovasi bahan bakar dari biji pohon jarak ini. Biji pohon jarak selanjutnya diolah menjadi minyak jarak atau Crude Jatropha Oil (CJO). Selain karena mudah dibudidayakan, pohon jarak juga diharapkan menjadi sumber energi alternatif yang ramah lingkungan, karena berasal dari tumbuhan.

Energi dan Kehidupan16.    Minyak Kelapa Sawit








Minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) telah banyak digunakan sebagai alternatif bahan bakar pengganti bahan bakar fosil.
Pertamina pun telah melakukan inovasi ini sejak lama. Namun memang tahapannya belum sepenuhnya sempurna. Minyak sawit masih perlu dicampur oleh solar murni untuk bisa dijadikan bahan bakar biodisel siap pakai. Ini merupakan terobosan Pertamina dalam melakukan pembaharuan sumber energi alternatif.

Energi dan Kehidupan
Di Indonesia, perkebunan kelapa sawit terhampar luas. Ini pun menjadi bisnis usaha yang menggiurkan. Namun pemanfaatan optimalnya untuk sumber energi alternatif masih kalah menjanjikan daripada pemanfaatannya sebagai minyak goreng.

17.        Energi dan KehidupanAlkohol










Secara sederhana, alkohol yang kadarnya di atas 50%, adalah benda cair yang mudah terbakar. Khusus pada minuman beralkohol, semua bahan dasarnya adalah dari tumbuhan, seperti padi, gandum, kaktus, buah anggur, air nira (hasil sadapan atau proses deres pohon aren). Melalui proses fermentasi ataupun penyulingan bertahap, bahan-bahan dasar tersebut bisa dibuat alkohol dengan kadar tertentu. Di daerah Minahasa, Sulawesi Utara, masyarakatnya mengenal minuman beralkohol tradisional bernama "Cap Tikus". Minuman berkadar alkohol tinggi tersebut, berasal dari hasil penyulingan secara tradisional, berbahan dasar air sadapan dari pangkal bunga pohon nira atau aren.






18.        Angin

Angin dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan, diantaranya untuk bermain layang-layang, menjalankan perahu, berolahraga, selancar, dll. Angin juga dapat dimanfaatkan sebagai energi alternative, yaitu sebagai pembangkit tenaga angin.

19.        Air

Selain untuk berbagai keperluan rumah tangga seperti minum, mencuci, dll. Air dapat dimanfaatkan sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

20.        Panas Bumi (Geothermal)

Energi alternatif lain yang dapat digunakan adalah panas bumi. Panas bumi adalah panas yang berasal dari panas yang ada pada inti bumi. Apabila ada daerah yang pusat buminya dekat dengan permukaan maka panas bumi ini dapat dimanfaatkan sebagai  Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi. Selain energi alternatif yang sudah disebutkan di atas ada beberapa energi alternatif lain seperti biogas dan biodiesel.







2.3       Kelebihan dan Kekurangan Energi Alternatif
            Kelebihan Sumber Energi Alternatif
Berikut adalah kelebihan sumber energi alternatif.
1.      Energi Terbarukan
Energi alternatif merupakan sumber energi terbarukan sehingga tidak akan terjadi krisis kelangkaan. Sumber energi seperti matahari dan panas bumi akan selalu tersedia dan tidak pernah habis seperti minyak bumi atau batubara.
2.   Ramah Lingkungan
Energi alternatif tidak menghasilkan limbah yang akan membahayakan lingkungan dalam jangka panjang. Bahan bakar minyak yang digunakan untuk menjalankan mobil, misalnya, menghasilkan banyak gas yang berpengaruh buruk bagi lingkungan.
3.   Sumber Energi Gratis
Dengan mengesampingkan biaya produksi, sumber energi alternatif tidak perlu dibeli. Sumber energi seperti sinar matahari, angin, dan air hanya membutuhkan biaya awal untuk instalasi untuk kemudian dapat berjalan dengan sendirinya. Hal ini tentu saja berbeda dengan minyak bumi atau batubara yang harganya selalu naik.
4.   Pasokan Melimpah
Relevansi dari poin ini akan bervariasi untuk tiap lokasinya. Jika berada di daerah dengan banyak sinar matahari, maka akan mendapat banyak pasokan energi surya. Demikian juga, jika memasang kincir angin di daerah berangin, maka kita akan menerima pasokan konstan energi angin.



Kekurangan Sumber Energi Alternatif
1.       Biaya Instalasi Awal Tinggi
Biaya instalasi awal untuk pembangkit listrik dari energi alternatif, misalnya, relatif tinggi. Contoh, bendungan perlu dibangun untuk membuat pembangkit listrik tenaga air. Membangun bendungan termasuk relokasi penduduk melibatkan biaya yang sangat tinggi.
2.   Penyimpanan dan Transportasi
Salah satu alasan utama mengapa energi alternatif belum digunakan secara luas adalah karena penyimpanan dan biaya transportasi yang masih tinggi. Sementara teknologi kincir angin dan pembangkit listrik tenaga air telah semakin disempurnakan, sumber energi lain masih memerlukan banyak pemyempurnaan.
3.   Tidak Dapat Diandalkan
Sumber energi alternatif sangat tergantung pada faktor-faktor alami. Misalnya, jika terjadi kemarau panjang, tingkat produksi pembangkit listrik tenaga air akan terhambat. Demikian pula tanpa sinar matahari yang cukup, listrik yang dihasilkan juga akan berkurang.
4.   Belum Efisien
Hingga saat ini, pembangkit dari sumber energi alternatif belum bisa beroperasi se-efisien sumber energi konvensional. Teknologi yang tersedia saat ini belum cukup mampu menggantikan energi konvensional dengan energi alternatif.




BAB III
PENUTUP

3.1              Simpulan

Energi ialah kemampuan untuk melakukan kerja atau suatu kegiatan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, energi didefinisikan sebagai daya atau kekuatan yang diperlukan untuk melakukan berbagai proses kegiatan. Energi alternatif adalah istilah yang merujuk kepada semua energi yang dapat digunakan yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut.
Beberapa sumber energi alternatif di dunia dapat dijadikan sebagai energi pemenuh kebutuhan yang dapat diperbaharui dan ramah lingkungan. Sumber energi alternatif memiliki kelebihan maupun kekurangan. Sehingga sumber energi alternatif perlu dilestarikan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

3.2              Saran


1.      Sebagai generasi muda sebaiknya berpartisipasi dalam mencari dan memanfaatkan sumber daya alam sebagai energi alternatif.
2.      Seluruh lapisan masyarakat harus bergotong-royong melestarikan, memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui serta menghemat energi yang dihasilkan guna kelestarian bumi dan kelangsungan generasi mendatang.


DAFTAR PUSTAKA





Tidak ada komentar: